Logo Pengadilan Negeri Palopo
Pembaruan terakhir: Senin, 12 April 2021
shade

ZONA INTEGRITAS

ZONA INTEGRITAS(AREA 6)

 

PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

 No   Penilaian  Nilai     Bukti 
1. Standar Pelayanan (3)
2.25

a.   

Terdapat kebijakan standar pelayanan

b. Standar pelayanan telah dimaklumatkan 1
  c. Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan 1
  d. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP 0
2 Budaya Pelayanan Prima (3)
2.11
a. Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima 0.67
b. Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media? 1
c. Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar 0.5
  d. Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi 0.67
  e. Terdapat inovasi pelayanan 0.67
3 Penilaian kepuasan terhadap pelayanan (4)
2.89
a. Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan  1 
b. Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka 0.5
c.
Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat 0.67
TOTAL 7.25  

 

2,89

ZONA INTEGRITAS(AREA 5)

 

Penguatan Pengawasan

 No   Penilaian  Nilai     Bukti 
1. Pengendalian Gratifikasi (3)
3
a.   

Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi

b. Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan 1
2 Penerapan SPIP (3)
2.51
a. Telah dibangun lingkungan pengendalian 0.67
b. Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan 0.67
c. Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi 1
  d. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait  1  
3 Pengaduan Masyarakat (3) 3
a. Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan  1
b. Hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti 1
c.
Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat 1
  d. Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti  1
  •  
4 Whistle-Blowing System (3)
3
a. Apakah Whistle Blowing System sudah di internalisasi ?  1
b. Whistle Blowing Systemtelah diterapkan  1
c. Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System   1 

d. Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti   1 

5 Penanganan Benturan Kepentingan (3) 2.8
a. Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama   1 
  b. Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi 1
  c. Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan 1
  •  
  d. Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan 1
  •  
  e. Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti 0.67
  •  
TOTAL 14.31  

 

ZONA INTEGRITAS(AREA 3)

 

PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM

 No   Penilaian  Nilai     Bukti 
1. Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi (2)
1.78 
a.   

Apakah kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan?

1
b. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik 0.67
c. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan
jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja?
2 Pola Mutasi Internal (2)
2
a. Apakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi ?
b. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai? 1
c. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja? 1
3 Pengembangan pegawai berbasis kompetensi (3)
2.01
a. Apakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi ?  1

b. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai? 0.67
c.
Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan  0.67 
d. Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya.  0.67
e. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi
kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll) ?
 0.67
f. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja?  0.67
4 Penetapan kinerja individu (4)
 4
a. Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi  1
b. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya  1
c. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik   1 
d. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll).   1 
5 Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai (3)  2.01
a.  Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan  0.67
6 Sistem Informasi Kepegawaian (1)  1
a. Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala.
TOTAL 12.8  

 

ZONA INTEGRITAS (AREA 4)

 

PENGUATAN AKUNTABILITAS

 No   Penilaian  
Nilai   
 Bukti 
1. Keterlibatan pimpinan (5) 5
a.   

Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan

b. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja 1
  c. Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala 1
2 Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja(5) 3.7
a. Apakah dokumen perencanaan sudah ada
b. Apakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasil 0.67
c. Apakah terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU) 0.5
  d. Apakah indikator kinerja telah SMART 0.67
  e. Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu 1  
  f. Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja 0.67
  g. Apakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja 0.67
  h. Pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten 0.5
TOTAL 8.7  

 

Zona Integritas (Area 2)

 

Penataan Tata Laksana

 No   Penilaian  
Nilai   
 Bukti 
1. prosedur operasional tetap (SOP) kegiatan utama (1.5)
1.34

a.   

Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi

b. Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan 0.67 
  c. Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi 1
2 E-Government (2) 1.5
a. Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi? 0.5
b. Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi? 0.5
c. Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi? 1

 

 

d. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi
terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran
kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik?
1
3 Keterbukaan Informasi Publik (1.5)
1.5
  a. Kebijakan tentang  keterbukaan informasi publik telah diterapkan  1
  b. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik 1
TOTAL 4.34  

 

Artikel Selanjutnya...

  1. Zona Integritas (Area 1)