Pembaruan terakhir: Kamis, 09 September 2021
shade

Visi :

 

Visi sebagai gambaran menantang dimasa depan yang terwujud melalui cara dan citra yang dicanangkan, oleh Pengadilan Negeri Klas IB Makale mengacu pada visi yang digariskan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia :

 

“Terwujudnya Pengadilan Negeri Makale Yang Agung”

 

 

Misi :

 

Misi sebagai keharusan yang diemban atau dilaksanakan dalam mewujudkan visi yang telah ditetapkan, maka Pengadilan Negeri Klas IB Makale mengacu pada misi yang digariskan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia, yaitu :

  1. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem peradilan
    Proses peradilan yang pasti, trasparan, dan akuntabel merupakan faktor penting untuk meningkatkan kepercayaan pencari keadilan kepada Pengadilan Negari Makale. Upaya untuk meningkatkan keparcayaan pencari keadilan dilakukan dengan mengefektifkan proses peradilan yang pasti, trasparan dan akuntabel melalui transparansi kinerja dengan manajemen perkara berbasis teknologi informasi dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)
  2. Mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat pencari keadilan
    Tugas Pengadilan Negeri Makale adalah menyelenggarakan peradilan tingkat pertama guna menegakkan hukum dan keadilan. Menyadari hal tersebut, maka perlu perbaikan yang dilakukan dengan mempertimbangkan kepentingan pencari keadilan dalam memperoleh keadilan. Hal tersebut dilakukan dengan meningkatkan pelayanan publik melalui pelayanan terpadu satu pintu.
  3. Meningkatkan akses masyarakat terhadap keadilan
    Masyarakat Indonesia memiliki lebih dari 20% penduduk dengan tingkat pendidikan rendah termasuk di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Makale yaitu Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara. Bagi masyarakat miskin yang tidak mampu membayar pendamping untuk mendapatkan keadilan dan lokasi tempat tinggal yang tidak terjangkau. Pengadilan Negeri Makale melalui mekanisme bantuan hukum berupaya memfasilitasi masyarakt miskin tersebut dengan menyadiakan program pembebasan biaya perkara (perkara prodeo) yang dianggarkan melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), melakukan sidang keliling/zitting plaats dan pos bantuan hukum (posbakum).

sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan kewenangan yang diemban oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum (termasuk Pengadilan Negeri Klas IB Makale yang merupakan institusi dibawah lingkungan peradilan umum) menggariskan misi:

  1. Memperbaiki akses pelayanan di bidang peradilan pada masyarakat;
  2. Mewujudkan institusi peradilan yang efektif, efisien, dan bermartabat serta dihormati.

POSTER

POSTER_GRATIFIKASI-01.jpg

Ucapan

ucapanpuasa_Artboard.jpg
A- A A+

Alih Bahasa

Pencarian

Informasi Cepat